BOOKING TIKET PESAWAT

Perdagangan

Perdagangan. Info sangat penting tentang Perdagangan. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Perdagangan

Perdagangan. Pulau Bunyu Kalimantan Timur. Pada awalnya ekonom Goldman Sachs tidak pernah menyangka BRIC akan mengorganisasi diri menjadi blok bersama ekonomi. Namun situasi ekonomi dunia yang tidak menguntungkan negara industri maju telah membuat negara berkembang, terutama BRIC, harus maju lebih ke depan untuk dapat mengambil peran lebih besar.

"Krisis ekonomi telah mendorong mereka untuk bersama," kata Thomas Renard, seorang periset di Egmont Royal Institute for International Relations di Brussels, Belgia. Namun Renard tetap pada pendapatnya, BRIC yang melakukan pertemuan puncak belum lama ini masih akan jauh dari blok politik atau ekonomi formal. Mereka lebih sebagai kelompok informal dalam forum internasional yang bertemu kadang-kadang untuk bertukar sejumlah pandangan dan ketika menemukan kesamaan dilakukan perjanjian bersama mempertahankan posisi bersama mereka.

Sementara untuk membentuk blok formal, perbedaan struktur ekonomi yang ada di antara empat negara itu masih harus diatasi melalui waktu panjang.

Dalam pendapat Ian Bremmer, Presiden Eurasia Group, perusahaan konsultan risiko, BRIC memiliki kesamaan hanya sebagai negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi spektakular beberapa tahun terakhir ini dan disatukan utamanya atas kehendak menentang dominasi AS dan sekutunya di panggung perekonomian dunia. "Mereka disatukan karena mereka sama-sama bukan negara industri makmur yang telah menciptakan atau memimpin lembaga internasional yang memberi keputusan atas geoekonomi," kata Bremmer,"Mereka disatukan dengan menentang dominasi AS dan sekutunya."

Namun intensitas tentangan tersebut masih terasa bertingkat di antara empat negara BRIC itu, seperti halnya desakan penggantian mata uang dolar AS sebagai mata uang internasional. Pada komunike resminya tidak disebutkan secara eksplisit, namun komunike bersama secara halus hanya menyebutkan,"kami juga meyakini tentang kebutuhan yang kuat terhadap sistem moneter internasional yang stabil dan dapat diprediksi dan lebih diversifikasi."

Tampaknya masih ada perbedaan kepentingan di antara empat negara itu. Kemungkinan China harus berhitung cermat dahulu karena masih memiliki banyak perdagangan dengan AS dan kepemilikan dalam nilai besar atas obligasi AS.

Namun BRIC sebagai blok penekan (pressure group) informal untuk realisasi tata ekonomi dunia baru pada masa mendatang tidak tertutup peluang terus mengkristal, apabila tidak ada respon dari negara hegemoni perekonomian dunia saat ini. Peta perekonomian sudah mulai berubah dan BRIC sepantasnya tidak dipandang sebagai ancaman kepentingan AS dan sekutunya.

"Tren dunia saat ini bukan lagi unipolar tetap berubah menjadi multipolar. Dunia saat ini terjadi saling ketergantungan atau interdependensi. Bahkan China sendiri tidak dapat berpikir tentang keuntungan individual, namun upaya negara-negara tersebut selayaknya ditempatkan lebih kepada upaya memperkecil kerusakan atas derita yang dialami semua," kata Renard.


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger